The Banking Industry is an essential component that is needed to ensure national economic stability. As a result, the conditions and state of the banking industry considerably affects or impacts national economic stability. This is especially true in the case of the monetary and banking crisis that struck Indonesia in 1998. This multi-dimensional crisis resulted in the sharp devaluation of the Rupiah,the liquidation of 16 banks and subsequent decline in public confidence for the country’s banking system. In its bid to address and effectively survive the crisis, Indonesia’s Government established a series of policies that included efforts to provide protection to any bank’s payment responsibilities, including public deposit (known as the blanket guarantee scheme). The scheme was endorsed by virtue of The Republic of Indonesia’s Presidential Decree Number 26 of 1998 regarding Guarantee on Lialibilities of Commercial Banks and the Republic of Indonesia’s Presidential Decree Number 193,of 1998 concerning Guarantee on Rural Banks Payment Responsibility.
The Blanket Guarantee succeeded in restoring public confidence in the banking system. However, the excessive scope and nature of the guarantee itself had proven to be a moral hazard for both bankers and depositors.To address the situation and instill sense of security among the depositors in the banking system while, at the same time, ensuring a stable banking system,the Blanket Guarantee was subsequently replaced by a limited guarantee system.
Junior Officer – Analisis Resolusi Bank
(Jakarta Raya)
Responsibilities:
Mengumpulkan data dan informasi yang diperlukan dalam menganalisis bank-bank dalam pengawasan khusus dan bank gagal untuk menjadi dasar pengambilan keputusan.
Bank bermasalah
1. Membantu dalam menangani perkembangan bank bermasalah, yang meliputi pengajuan usulan:
- Kajian dan menganalisis bank bermasalah
- Perhitungan lower cost test bank gagal yang tidak berdampak sistemik
- Analisis penyelesaian bank gagal yang tidak berdampak sistemik
- Perhitungan biaya penanganan bank gagal yang berdampak sistemik
- Analisis penanganan bank gagal yang berdampak sistemik
2. Mengumpulkan informasi bank bermasalah dan bank gagal secara lengkap, akurat, kini dan utuh (LAKU)
3. Membantu menyiapkan pertukaran informasi dengan Bank Indonesia (BI) dan Lembaga Pengawas Perbankan (LPP) dalam rangka penyelesaian atau penanganan bank gagal
4. Membuat konsep profil individual bank-bank dalam pengawasan khusus
5. Membantu terselenggaranya koordinasi dengan Bank IIndonesia dan Departemen Keuangan dalam penyelesaian bank gagal dan dalam kerangka Komite Kebijakan Sektor Keuangan (KKSK)
6. Membantu dalam melakukan monitoring proses penyerahan hak dan kewenangan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) bank gagal yang diselamatkan
7. Membantu melakukan evaluasi terhadap peraturan yang berkaitan dengan analisis resolusi bantu
8. Membantu melakukan penelitian dalam rangka pengembangan sistem analisis resolusi bank
Bank Gagal
Menyediakan data dan informasi yang diperlukan dalam rangka memberikan usulan untuk:
1. Penyelesaian bank gagal yang tidak berdampak sistemik kepada Direktur Penjaminan dan Manajemen Risiko
2. Penanganan bank gagal berdampak sistemik kepada Dewan Komisioner untuk dibahas dalam Komite Koordinasi
Requirements:
1. Usia max 30 tahun
2. Minimal S1 Ekonomi, Perbankan, Keuangan atau Akuntansi
3. IPK minimal 2.75 (skala 4.0)
4. Minimal 2 tahun pengalaman kerja di bidang finance/accounting/operasional/internal audit perbankan/lembaga keuangan/Kantor Akuntan Publik
5. Lancar berbahasa Inggris (lisan dan tulisan)
6. Rincian persyaratan masing-masing bidang pekerjaan dapat dilihat di website www.lps.go.id
7. Pendaftaran dilakukan secara online www.jobstreet.com paling lambat 2 Agustus 2011.
Officer - Keamanan Teknologi Informasi
(Jakarta Raya)
Responsibilities:
Merencanakan dan mengusulkan pengembangan dan penerapan keamanan teknologi informasi, security baseline, manajemen pemulihan bencana (disaster recovery management) dan manajemen kelanjutan bisnis (business continuity management) terkait teknologi informasi serta program kesadaran pengguna (user awareness program).
Pengembangan dan Pengelolaan Sistem Informasi
1. Menyusun dan mengusulkan pengembangan dan pengelolaan keamanan terkait teknologi informasi termasuk basis keamanan (security baseline) berdasarkan industry best practice
2. Menyusun dan mengusulkan pengembangan dan pengelolaan pemantauan dan penangkalan ancaman keamanan (security threat monitoring and prevention)
3. Memantau dan menangkal ancaman keamanan (security threat monitoring and prevention) serta melaporkan jika terjadi dan/atau akan terjadi ancaman
4. Mengevaluasi, menganalisa dan mengusulkan hak akses pengguna (user access right)
5. Menyusun dan mengusulkan pengembangan dan pengelolaan manajemen pemulihan bencana (disaster recovery management) terkait teknologi informasi
6. Melaksanakan pengembangan dan pengelolaan manajemen kelanjutan bisnis (business continuity management) terkait teknologi informasi
7. Memantau dan melaporkan pengelolaan manajemen kelanjutan bisnis (business continuity management) terkait teknologi informasi
8. Melakukan pemantauan dan evaluasi serta menyusun laporan kepatuhan pelaksanaan kebijaksanaan, prosedur operasional standard dan pedoman terkait teknologi informasi
9. Melakukan pemantauan dan evaluasi serta menyusun laporan pengelolaan user access right
10. Menyusun dan mengusulkan spesifikasi teknis dalam pengadaantool keamanan teknologi informasi, manajemen pemulihan bencana dan kelanjutan bisnis
11. Kebijakan dan Prosedur
12. Menyusun dan mengusulkan kebijakan, prosedur operasional standard (SOP) dan pedoman tentang keamanan teknologi informasi termasuk pengamanan aset teknologi informasi untuk meminimalisasi dampak serangan baik dari luar maupun dari dalam
13. Menyusun dan mengusulkan kebijakan, prosedur standar operasional (SOP) dan pedoman tentang akses terhadap data dan aplikasi dan termasuk perangkat lunak dan perangkat keras pendukungnya
14. Menyusun dan mengusulkan kebijakan, prosedur standar operasional (SOP) dan pedoman tentang pengembangan dan pengelolaan manajemen pemulihan bencana(disaster recovery management) terkait teknologi informasi
15. Menyusun dan mengusulkan kebijakan, prosedur standar operasional (SOP) dan pedoman keamanan tentang pengembangan dan pengelolaan manajemen kelanjutan bisnis (business continuity management) terkait teknologi informasi.
Requirements:
1. Usia max 35 tahun
2. Minimal S1 Ilmu Komputer / Teknologi Informasi
3. Lulusan dari Perguruan Tinggi Negeri, Perguruan Tinggi Swasta yang sudah terakreditasi dan untuk Perguruan Tinggi Luar Negeri harus diakui oleh Depdiknas
4. IPK minimal 2.75 (skala 4.0)
5. Minimal 6 tahun pengalaman di bidang teknologi informasi dengan minimal 4 tahun pengalaman di bidang keamanan teknologi informasi
6. Diutamakan security certified dan pengalaman di windows and Cisco Environment Security
7. Diutamakan berpengalaman menyusun SOP IT Security
8. Lancar berbahasa Inggris (lisan dan tulisan)
9. Rincian persyaratan masing-masing bidang pekerjaan dapat dilihat di website www.lps.go.id
10. Pendaftaran dilakukan secara online www.jobstreet.com paling lambat 2 Agustus 2011.
Junior Officer – Administrasi & Informasi Pembayaran Klaim
(Jakarta Raya)
Responsibilities:
Melaksanakan pembayaran klaim simpananan bank yang dicabut ijin usahanya sehingga dapat dilakukan sesuai dengan waktu yang ditetapkan dan terhindar dari risiko kesalahan serta memelihara basis data pembayaran klaim penjaminan.
Pembayaran Klaim
1. Menyiapkan dokumen yang berkaitan dengan usulan penunjukan bank pembayar dalam rangka pembayaran klaim simpanan
2. Mengumpulkan dokumen pembayaran pembayaran antara lain yang berkaitan dengan permintaan droping dana, formulir-formulir, pengumuman di media dan surat kabar, daftar simpanan layak bayar untuk diumumkan
3. Membantu dan berkoordinasi dengan bank pembayar dan Tim Likuidasi dalam rangka pelaksanaan pembayaran klaim penjaminan simpanan layak bayar
4. Membantu memantau proses pembayaran klaim dan meneliti kebenaran dokumen pembayaran klaim penjaminan oleh bank pembayar
Data, Informasi dan Pelaporan
1. Mengumpulkan data/dokumen pembayaran dan menyiapkan data dalam rangka rekonsiliasi pelaksanaan pembayaran antara divisi keuangan /akuntansi LPS dengan bank pembayar
2. Mengumpulkan data Divisi Penanganan Klaim yang berkaitan dengan simpanan layak bayar, simpanan tidak layak bayar beserta alasannya dan progress pembayaran/pencairan klaim untuk pelaporan dan informasi
3. Mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan penanganan klaim nasabah bank yang dicabut ijin usahanya untuk keperluan internal maupun ekternal
4. Memastikan dokumentasi peraturan-peraturan, perjanjian-perjanjian, standard operating procedure dan literatur terkait dengan penanganan klaim lengkap, akurat, kini dan utuh (LAKU)
Requirements:
1. Usia max 30 tahun
2. Min. S1 Ekonomi, Perbankan, Keuangan, atau Akuntansi
3. Lulusan dari Perguruan Tinggi Negeri, Perguruan Tinggi Swasta yang sudah terakreditasi dan untuk Perguruan Tinggi Luar Negeri harus diakui oleh Depdiknas
4. IPK minimal 2.75 (skala 4.0)
5. Minimal 2 tahun pengalaman kerja di bidang finance/accounting/ operasional perbankan
6. Lancar berbahasa Inggris (lisan dan tulisan)
7. Rincian persyaratan masing-masing bidang pekerjaan dapat dilihat di website www.lps.go.id
8. Pendaftaran dilakukan secara online www.jobstreet.com paling lambat 2 Agustus 2011.
Officer – Dukungan Infrastruktur dan Manajemen Proyek
(Jakarta Raya)
Responsibilities:
Melaksanakan perencanaan, pengembangan dan pengelolaan dukungan infrastruktur dan dukungan pengendalian mutu serta pemulihan bencana (disasterrecovery procedure) yang handal, tepat, dan aman untuk menunjang pelayanan operasional teknologi informasi.
Pengembangan dan Pengelolaan Dukungan Infrastruktur
1. Menyusun dan mengusulkan pengembangan pusat data (data center) sebagai pusat produksi (production center) termasuk perencanaan kapasitas (capacity planning) pusat sumber data (data center resource) serta data backup dan restorestrategy yang handal, aman dan terintegrasi untuk mendukung operasional aplikasi bisnis serta pelaksanaannya
2. Menyusun dan mengusulkan pengembangan pengelolaantermasuk aplikasi, perangkat lunakdanperangkat kerasselain desktop dan perangkat bergerak (mobile device) serta pelaksanaannya
3. Menyusun dan mengusulkan pengembangan akses teknologi informasi termasuk pusat data (data center) dan keamanan fisik pusat dataserta pelaksanaannya
4. Menyusun dan mengusulkan pengembangan dan pengelolaan aset teknologi informasi termasuk kepatuhan lisensi serta pelaksanaannya
5. Menyusun dan mengusulkan pengembangan dan pengelolaan termasuk pemakaian fax server dan PABX serta pelaksanaannya
6. Menyusun dan mengusulkan pengembangan dan pengelolaan termasuk pemutakhiran (update) anti-virus dan patch perangkat lunak serta pelaksanaannya
7. Menyusun dan mengusulkan pengembangan dan pengelolaan backup dan restore baik data dan sistem serta pelaksanaannya
8. Menyusun dan mengusulkan pengamanan data master maupun transaksi (softcopy) yang ditangani oleh lembaga serta backup dan restore atas data tersebut
9. Membantu menyusun pengembangan prosedur pemulihan bencana (disasterrecovery procedure)
10. Melaksanakan prosedur pemulihan bencana (disasterrecovery procedure)
11. Menyusun dan mengusulkan pengembangan dan pengelolaan konfigurasi aset teknologi informasi dan kepatuhan lisensinya selain desktop dan perangkat bergerak serta pelaksanaannya
12. Menyusun dan mengusulkan pemantauan konfigurasi aset teknologi informasi dan kepatuhan lisensinya atas basis data dan perangkat bergerak
13. Menyusun dan mengusulkan spesifikasi teknis dalam pengadaan infrastruktur perangkat lunak dan perangkat keras dan perangkat pengendalian mutu
Pengembangan dan Pengelolaan Dukungan Pengendalian Mutu
1. Melaksanakan pengembangan dan pengelolaan pengendalian mutu (quality assurance) serta pelaksanaannya
2. Melaksanakan pengujian atas aplikasi, perangkat lunak dan perangkat keras sebelum diterapkan/dikerjakan termasuk pengujian (user acceptance test)
3. Melaksanakan prosedur penilaian pengendalian mutu (quality assurance evaluation procedure) atas pelayanan terkait teknologi informasi dan menyusun laporan hasil penilaian
4. Menjalankan prosedur (executing test procedure) untuk meyakinkan kesesuaian spesifikasi terhadap perangkat lunak, perangkat keras dan aplikasi sebelum diterapkan untuk digunakan oleh pengguna (users), termasuk pengujian integritas (integration test) dan penerimaan pengguna (user acceptancetest approval)
5. Menyusun dan mengusulkan spesifikasi teknis dalam pengadaan terkait perangkat pengendalian mutu
Requirements:
1. Usia max 35 tahun
2. Minimal S1 Ilmu Komputer / Teknologi Informasi
3. Lulusan dari Perguruan Tinggi Negeri, Perguruan Tinggi Swasta yang sudah terakreditasi dan untuk Perguruan Tinggi Luar Negeri harus diakui oleh Depdiknas
4. IPK minimal 2.75 (skala 4.0)
5. Minimal 6 tahun pengalaman di bidang teknologi informasi dengan minimal 4 tahun pengalaman mengelola infrastruktur teknologi informasi (ITinfrastructure) yang cukup kompleks dan minimal 4 tahun dan pengalaman melaksanakan pengendalian mutu (quality assurance)
6. Diutamakan yang berpengalaman dengan H/W IBM Blade Server, IBM TS3100, IBM DS 3400, dan Cisco Security Appliance, APC CARC dan EMS
7. Diutamakan berpengalaman menyusun SOP data center
8. Lancar berbahasa Inggris (lisan dan tulisan)
9. Rincian persyaratan masing-masing bidang pekerjaan dapat dilihat di website www.lps.go.id
10. Pendaftaran dilakukan secara online www.jobstreet.com paling lambat 2 Agustus 2011.
Officer – Treasury
(Jakarta Raya)
Responsibilities:
Membantu mengelola seluruhan transaksi investasi LPS
Pengelolaan Investasi
1. Membantu mengkoordinasikan dan mengendalikan pelaksanaan kegiatan operasional bagian investasi yang mencakup antara lain:
2. Membantu penyusunan konsep rumusan rumusan kebijakan dan prosedur
3. Membantu penyusunan konsep usulan perbaikan kebijakan dan prosedur
4. Membantu penyusunan konsep rencana kerja dan anggaran pendapatan/biaya
5. Membuat konsep usulan penempatan investasi berdasarkan kebijakan investasi yang berlaku
6. Membuat konsep usulan pelepasan investasi berdasarkan kebijakan investasi yang berlaku
7. Membantu penyelesaiaian (setlement) atas usulan penempatan dan pelepasan investasi yang telah disetujui
8. Membantu penyusunan konsep laporan-laporan pelaksanaan kegiatan
Requirements:
1. Usia max 35 tahun
2. Minimal Min. S1/D4 Ekonomi Akuntansi/Manajemen atau S1 Matematika/Fisika/Eksakta lain dengan tambahan S2 Ekonomi
3. Lulusan dari Perguruan Tinggi Negeri, Perguruan Tinggi Swasta yang sudah terakreditasi dan untuk Perguruan Tinggi Luar Negeri harus diakui oleh Depdiknas
4. IPK minimal 2.75 (skala 4.0)
5. Minimal 3 tahun pengalaman di bidang perbendaharaan/keuangan (treasury) pada organisasi Pemerintah, divisi/unit investasi pada bank, asuransi, lembaga keuangan atau perusahaan sekuritas
6. Diutamakan telah berpengalaman dalam bidang obligasi (obligasi pemerintah) dan pasar uang serta telah terbiasa menggunakan bloomberg, aplikasi BI-SSSS dan/atau SAP
7. Lancar berbahasa Inggris (lisan dan tulisan)
8. Rincian persyaratan masing-masing bidang pekerjaan dapat dilihat di website www.lps.go.id
9. Pendaftaran dilakukan secara online www.jobstreet.com paling lambat 2 Agustus 2011.